Rabu, 21 November 2018

Penjelasan Lengkap Tentang Resensi, Disertai dengan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia

Sobat muda, hari ini kita akan belajar tentang resensi. Melalui penjelasan tentang resensi dan soal ujian nasional Bahasa Indonesia, kaka guru berharap sobat muda siap menghadapi ujian nasional dan bisa menulis resensi.

Kaka guru akan jelaskan resensi secara teori dan resensi sebagai keterampilan.

Resensi sebagai teori fokusnya pada soal-soal ujian nasional Bahasa Indonesia. Kedua resensi sebagai keterampilan menulis fokusnya pada cara membuat resensi itu sendiri.

Apa itu resensi?

Resensi pada intinya adalah menilai kelemahan, maupun kelebihan suatu karya. Bicara tentang karya, konteksnya tidak hanya buku, tetapi bisa film, lagu, atau karya-karya yang lain.
1.   Jika buku maka disebut resensi buku,
2.   Jika film maka disebut resensi film,
3.   Jika drama maka disebut resensi drama,

Jadi resensi adalah tulisan yang berisi penilian seseorang terhadap kelemahan dan kelebihan suatu karya. Bisa buku, film, drama, atau lagu.

Kaka Guru, Untuk Apa Resensi?

Untuk memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada khalayak tentang suatu karya.

Contoh:

Ada orang yang mencari buku Bahasa Indonesia kelas XI SMA. Pada toko buku A, terdapat dua buku Bahasa Indonesia kelas XI dengan penerbit yang berbeda. Di sini peran resensi sangat penting untuk memberi pilihan alternatif kepada calon pembeli.

1.   “Kalau bapak beli buku ini dari segi isi bagusnya di sini, namun kekurangannya di sini, sedangkan buku ini bagusnya di sini tetapi kekurangannya di sini”.

2.   “Kalau buku Bahasa Indonesia yang ini sangat direkomendasikan kepada murid-murid yang suka penjelasan yang panjang lebar dan disertai dengan contoh kongkrit, tetapi kalau anak bapak suka yang langsung pada intinya saran saya buku yang ini, karena penjelasannya singkat dan padat”.

Pada bagian ini pembeli memiliki alternatif pilihan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan.

Di atas adalah konsep resensi secara umum. Berikut ini penjelasan resensi yang berkaitan dengan soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia.


Baca juga: 

Penjelasan Lengkap Tentang Makna Kias dalam Bahasa Indonesia, Disertai dengan Contoh Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

Bacalah Soal Berikut ini dengan Cermat

Ibunda tokoh sentral novel ini, mewakili perempuan Rusia biasa  dari masa revolusi Rusia pada awal abad ke -20. Ia Hidup di tengah lengkingan pluit pabrik di perkampungan kumuh. Ia menikah dengan Michael Wlsssow, laki-laki pemabuk yang sering memanggilnya ‘sundal’. Toh ibunda tidak melawan karena merasa begitulah nasibnya.

Paragraf tersebut merupakan kutipan dari....
A.    Resensi novel
B.    Resensi cerpen
C.   Novel
D.   Drama
E.    Esey

Jawabannya A

Penjelasannya:

Sobat muda, sebetulnya jika sobat pahami teori dan membaca terlebih dahulu maka soal ini amat mudah
.
Pertama antara A dan B sudah pasti A karena dalam soal dijelaskan “Ibunda tokoh sentral novel ini”, jadi pastinya novel bukan cerpen.

Kemudian D dan E sudah pasti bukan jika sobat muda pahami teori tentang resensi. Sedangkan C sama sekali bukan jawabanya, walau sebenarnya ada kata novel.

Mengapa demikian?

Karena resensi tidak hanya novel, bisa juga lagu, drama atau karya kreatif yang lain. sedangkan kata novel dalam opsi tersebut berdiri sendiri, tidak ada pilihan jawaban lain yang mendukung.  
***

Resensi Sebagai Keterampilan Menulis

Dari segi struktur resensi jawaban A mengacu pada apa yang disebut isi atau sinopsi dalam resensi buku.

Penjelasannya begini sobat muda, secara teori dalam resensi buku atau novel terdapat struktur sebagai berikut.
1.   Judul,
2.   Identitas buku,
3.   Sinopsi atau isi buku.
4.   Kelemahan atau kelebihan buku
5.   Penutup (berisi kesimpulan)

Jadi jawaban A termasuk sinopsi dari novel yang diresensi. Selengkapnya bisa lihat gambar berikut ini.
Penjelasan Lengkap Tentang Resensi, Disertai dengan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia
Gambar di atas jika dibuat resensinya akan jadi seperti ini

Karakabu guru kampung yang tidak kampungan
Judul                    : Karakabu guru kampung
Penulis                : Martin Karakabu
Penerbit              : Detunglikong Express
Tempat terbit      : Detunglikong
Tahun terbit        : 1991

Karakabu guru kampung adalah sebuah buku biografi tentang perjalanan, perjuangan, dan kesuksesan Martin Karakabu yang tidak kampungan.

Penjelasan Tentang Struktur Resensi

Karakabu guru kampung yang tidak kampungan

Adalah judul resensi dari buku yang berjudul karakabu guru kampung. Jadi sobat muda mohon untuk tidak menjadikan judul buku sebagai judul resensi.

Mengapa?

Ini jawabannya karena resensi buku merupakan penilaian kita terhadap buku yang ditulis, bukan menulis ulang buku yang sudah ditulis.

Judul                    : Karakabu guru kampung
Penulis                : Martin Karakabu
Penerbit              : Detunglikong Express
Tempat terbit      : Detunglikong
Tahun terbit        : 1991

Ini adalah bagian yang disebut identitas buku. Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan identitas buku yang diresensi ditulis di bagian ini.

Karakabu guru kampung adalah sebuah buku biografi tentang perjalanan, perjuangan, dan kesuksesan Martin Karakabu yang tidak kampungan.

Bagian ini disebut isi buku, jadi seorang penulis resensi harus merangkum seluruh isi buku yang dibaca. Ketentuannya ialah tidak lebih dari 300 kata. Singkat, padat, dan menyeluruh.

Jika novel yang diresensi maka seorang penulis resensi harus menuliskan sinopsis secara lengkap namun tidak lebih dari 300 kata, untuk ditempatkan pada bagian isi buku atau sinopsi.

Demikian penjelasan tentang resensi buku dan hubungannya dengan soal ujian nasional Bahasa Indonesia.

Kesimpulannya:

1.   Resensi adalah tulisan yang berisi penilaian seseorang terhadap kelemahan dan kelebihan sebuah karya.

2.   Resensi tidak hanya tentang buku, tetapi bisa hal lain. Jika buku yang diresensi maka disebut resensi buku, jika drama yang diresensi disebut resensi drama. Artinya resensi tidak sebatas buku melainkan seluruh karya kreatif, intlektual, dan imajinatif.

3.   Tujuan resensi ialah untuk memberikan pertimbangan kepada seseorang sebelum memutuskan untuk menggunakan karya tersebut.

4.   Struktur resensi terdiri dari judul, identitas buku, sinopsi atau isi, kelemahan dan kelebihan, dan terakhir penutup; berisi kesimpulan dan rekomendasi.

Jangan lupa baca juga jenis-jenis paragraf beserta contoh: dilengkapi dengan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia dan tips UN
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner