Sabtu, 08 Desember 2018

Perbedaan antara Penyaji dan Pemateri dalam Diskusi: Dibahas dalam bentuk latihan Soal Bahasa Indonesia

Perbedaan antara Penyaji dan Pemateri dalam Diskusi: Dibahas dalam bentuk latihan Soal Bahasa Indonesia
Gambar ilustrasi, siswa-siswi SMTK Bethel Jakarta

Sobat muda, dalam pelajaran Bahasa Indonesia ada materi yang namanya diskusi. Dalam diskusi ada bagian yang disebut penyaji dan pemateri.

Pengalaman kaka guru selama mengajar di SMTK Bethel Jakarta dan SMA Kanaan Jakarta, siswa-siswi sering kali mengklaim bahwa pemateri adalah nama lain dari penyaji.

Pada kasus yang lain mereka mengira penyaji adalah orang yang membawakan materi, sedangkan pemateri adalah bahan yang akan disampaikan dalam diskusi.

Itu salah.

Antara penyaji dan pemateri memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Perbedaannya bukan saja sebatas tulisan penyaji atau pun pemateri saja. Melainkan dalam praktiknya pun berbeda.

Simak penjelasan kaka guru tentang perbedaan antara penyaji dan pemateri, namun sebelum itu baca dulu soal berikut ini.

Soal


Pernyataan yang merupakan perbedaan antara penyaji dan pemateri dalam diskusi adalah...

A.   Penyaji orang yang menyiapkan data, sedangkan pemateri adalah orang yang membawakan materi dalam diskusi.

B.   Penyaji orang yang membawakan materi dalam diskusi, sedangkan pemateri adalah orang yang menyiapkan materi untuk dibahas oleh penyaji.

C.   Tidak ada perbedaan antara penyaji dan pemateri karena sama-sama membawakan materi untuk didiskusikan.

D.   Penyaji orang yang ahli pada satu bidang, sedangkan pemateri bukan ahli melainkan seorang pembelajar yang mencari materi untuk didiskusikan.

E.   Penyaji adalah orang yang mengambil materi dari sumber lain untuk didiskusikan semantara pemateri adalah seorang ahli.

JawabanD


Kaka guru mengapa jawabannya D?

Simak penjelasannya!
Penyaji itu orang yang ahli pada satu bidang. Misalnya dokter spesialis anak, artinya yang bersangkutan ahli dalam bidang tersebut; baik secara teori maupun praktik. Sedangkan penyaji adalah orang yang menekuni bidang yang sama (anak) tetapi bukan ahli. Contohnya suster, perawat, atau petugas posyandu.

Contoh lain, lihat tabel berikut ini.

Penyaji
Pemateri
Keterangan
Jose Murinho
Guru penjas
Jose Murinho dikatakan ahli karena punya disiplin ilmu kepelatihan dan menangani club sepak bola profesional. Sedangkan guru penjas yang melatih eskul futsal di sekolah, teori-teori dan teknik kepelatihan diperoleh dari hasil membaca dari berbagai literatur yang mendukung. Termasuk materi saat si guru tersebut masih kuliah.
Najwa Shiab
Guru Eskul Jurnalistik
Najwa Shiab presenter profesional. Pekerjaan utamanya adalah presenter. Jurnalistik profesional. Sedangkan guru eskul jurnalistik ilmunya diperoleh dari membaca dan mempelajari dari berbagai literatur terkait dengan dunia jurnalistik.
Guru Bahasa Indonesia
Guru SD
Konteks guru Bahasa Indonesia dan guru SD. Maka yang dikatakan ahli atau penyaji adalah guru Bahasa Indonesia, karena yang bersangkutan fokus pada pelajaran Bahasa Indonesia saja; sedangkan guru SD dikatakan pemateri karena yang bersangkutan mengajar semua pelajaran, termasuk pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas kecil. Jika keduanya diarahkan pada konteks diskusi maka penyaji adalah guru Bahasa Indonesia, bukan guru SD.

Berdasarkan ilustrasi dan penjelasan di atas maka jawaban D adalah pilihan paling tepat dari semua opsi yang tersedia.

Kesimpulannya.


1.    Pematri dan penyaji berbeda, bedanya bukan hanya sebatas tulisan melainkan sampai pada ranah praktik maupun penguasaan ilmunya.

2.    Persamaan antara keduanya yakni, sama-sama membawakan materi kepada peserta diskusi atau forum yang lain.

3.    Penyaji adalah ahli dalam satu bidang. Dikuasai, ditekuni dan diperoleh melalui pelatihan, atau pun melalui jalur akademik yang sangat kompotitif. Sedangkan pemateri bukanlah seorang ahli, melainkan hanya sebatas tahu dan mampu menyampaikan ilmu tersebut secara baik dan benar kepada peserta diskusi atau forum yang lain.

Konteks tahu disini ialah yang bersangkut membaca dan mempelajari ilmu tersebut dari berbagai sumber sebelum menyampaikannya dalam forum diskusi.  

Demikian perbedaan antara penyaji dan pemateri dalam diskusi. Semoga penjelasan kaka guru ini bisa dipahami dan membawa manfaat bagi sobat muda sekalian. Jangan lupa baca juga peran dan fungsi moderator, notulen, dan pemateri dalam diskusi.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner