Amanda Patinama Siswi SMTK Bethel Jakarta yang Sangat Kreatif

Untuk menjadi hebat mulailah dengan melakukan hal sederhana yang dialami dan dirasakan.
Amanda Patinama Siswi SMTK Bethel Jakarta yang Sangat Kreatif oleh Martin Karakabu guru Bahasa Indonesia SMA Kanaan Jakarta
Amanda Patinama siswi SMTK Bethel Jakarta
Amanda Patinama siswi kelas XI SMTK Bethel Jakarta, bukanlah Ananta Toer atau J.K Rowling penulis hebat yang kita kenal.  Amanda gadis manis asal Maluku, lahir dan besar di Betawi. Jadi kusebutnya Abe.

Abe bukanlah nama tempat di kota Jayapura tanah Papua, melainkan plesetan dari Ambon Betawi.

Entahlah apakah anak kedua dari empat bersaudara ini paham bahwa dengan menulis dirinya akan dikenal, kaka guru sendiri pun tidak mengetahuinya secara pasti. Namun melalui blog personalnya; saya sebagai gurunya jadi paham bahwa gadis manis yang mengganggap ayahnya adalah pahlawan ini memiliki kemampuan menulis yang sangat baik.

1.   Ayahku seorang pahlawan super.
Sebenarnya si doi menulisnya dalam Bahasa Inggris, namun kaka guru terjemahkan menjadi ayahku seorang pahlawan super.
2.   Kesatuan hati dalam kelas.
3.   Suka dan duka bersama sahabat.
4.   Saudara dan saudariku.

Di atas judul-judul tulisan ulasan kreatif gadis ini. Kelihatannya sangat biasa judul-judul tersebut, dan kata kreatif yang kaka guru sebutkan di atas sepertinya berlebihan.

Jika diantara sobat muda mengganggapnya seperti itu kaka guru pikir itu sah dan wajar. Namun izinkan kaka guru ‘melihatnya’ dengan cara yang berbeda.

Kita mulai dengan pertanyaan.

Mengapa kaka guru katakan gadis ini kreatif?

Alasan pertama untuk menjadi penulis hebat anda jangan berpikir harus menulis sesuatu yang hebat, viral, dan “wah”.

Cukup lakukan hal sederhana dan menulislah apa yang engkau ketahui. Itu kata penulis hebat dan terkenal di dunia, J.K Rowling namanya, bukan kata kaka guru. Jadi yang dilakukan Amanda kaka guru sebut kreatif karena menulis sesuatu yang dialami dan dirasakannya sendiri.

Itulah kreatif menurut kaka guru karena menulis adalah suatu keterampilan, supaya terampil maka dibutuhkan latihan secara terus menerus.

Bagaimana cara melatih diri?, Jawabannya ya seperti yang Amanda lakukan. Menulis hal-hal sederhana yang ia alami dan ketahui.

Saat ini saya menyebutnya kreatif; mungkin setelah si doi lulus dari SMTK Bethel Jakarta kaka guru sebut hebat karena bisa menulis buku. Tidak ada yang tidak mungkin selama sobat muda semua tekun latihan dan mulai menulis dari hal-hal sederhana seperti Amanda lakukan.

Apa yang bisa kita pelajari dari siswi kelas XI SMTK Bethel Jakarta ini? Ada dua hal yang bisa kita pelajari dari sobat kita yang satu ini.
1.   Untuk menjadi penulis maka mulailah menulis karena tidak ada satu teori menulis yang membuat sobat jadi penulis hebat, selain latihan secara terus menerus.

Mengapa karena menulis itu suatu keterampilan, yang namanya terampil butuh latihan secara terus menerus supaya bisa.

Percuma paham teori menulis yang diajarkan oleh guru Bahasa Indonesia, apabila sobat semua tidak bisa melakukannya.  

2.   Menulis membuka masa depan yang cerah.

Sobat apakah kalian bingung maksud kaka guru? 

Kaka guru coba jelaskan secara sederhana, ‘masa depan cerah melalui menulis’.

Simak poin-poin berikut:

1.   Anda sekolah pasti memiliki cita-cita, jadi dokter, pendeta, guru dan lain sebagainya. Sebelum mencapai cita-cita itu anda harus melewati satu proses yang disebut skripsi untuk mahasiswa S1, tesis untuk mahasiswa S 2.

Semua itu dilakukan dengan kegiatan menulis. Jadi inilah waktunya latihan sobat. Kecuali jika sobat bercita-cita jadi tukang ojek atau kuli bangunan sudah pasti tidak membutuhkan keterampilan menulis, walau sebenarnya anda masih membutuhkannya untuk menulis surat lamaran kerja.

2.   Menulis bisa menjadi suatu pekerjaan yang menghasilkan. Bisa jadi blogger, wartawan, atau penulis buku.

Kesimpulannya:

1.   Menulis bisa menjadi awal untuk anda sukses karena apapun profesi anda kegiatan tulis menulis sangat dibutuhkan.

2.   Belajarlah menulis mulai dari sekarang dan dimulai dari hal-hal sederhana yang sobat alami dan tahu. Tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi hebat karena orang hebat memulainya dari hal-hal yang sederhana dan apa adanya.

Demikian inspirasi menulis dari sobat kita Amanda Patinama siswi SMTK Bethel Jakarta.

Danke banyak Amanda, hadirmu memberi inspirasi bagi guru kampung seperti saya; untuk memulai langkah hebat dari hal yang kecil dan sederhana.
Salam.

Jakarta, 11 Januari 2019

Martin Karakabu
Guru Kampung

Anda boleh pandai setinggi langit, tetapi selama tidak bisa menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Pramoedya Ananta Toer


Baca juga:

2 Responses to "Amanda Patinama Siswi SMTK Bethel Jakarta yang Sangat Kreatif"

  1. Pasti bangga ya kak punya murid-murid seperti itu. Dan menurut saya amanda ini juga keren lho, nulisnya aja pakai bahasa inggris, nggak semua orang bisa itu, termasuk saya😁

    BalasHapus
  2. Hay mbak Astria, terima kasih sudah sempat berkunjung. Benar mbak, bangga bangat karena selain rendah hati Amanda pun termasuk anak yang cerdas.

    BalasHapus

Iklan Kotak Pencarian Google

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Kaka Guru Martin

Iklan Bawah Artikel