Home » , , , » Biografi Tokoh: Pembahasan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Tips dan Trik Mengerjakannya

Biografi Tokoh: Pembahasan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Tips dan Trik Mengerjakannya

contoh iklan

Sobat biografi itu berasal dari Bahasa Yunani, yakni bios dan graphien. Bios artinya hidup sedangkan graphien berarti tulis. 

Jadi biografi bisa diartikan sebagai tulisan tentang riwayat hidup seseorang. Bisa satu buku, bisa juga dalam beberapa paragraf pendek.
Biografi Tokoh: Pembahasan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia, Lengkap dengan Tips dan Trik Mengerjakannya oleh Martin Karakabu
Berikut ini contoh soal Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia tentang biografi.


Soal:

Awalnya Martin Karakabu bukanlah seorang guru, melainkan wartawan online pada tabloid Jubi di Papua. Tahun 2013 ia pindah ke Jakarta dan mengajar di SMA Kanaan. kira-kira 5 tahun berkarya sebagai guru di sekolah tersebut, Juli 2018 ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih bekerja sebagai full time blogger. (...,) adalah bukunya yang pertama, diterbitkan oleh widiyasari Press Salatiga Magelang. Beliau persembahkan buku tersebut untuk dunia pendidikan di di era digital.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dari paragraf tersebut adalah...

A. Guru blogger solusi alternatif pendidikan di era digital.

B. Guru Bahasa Indonesia di SMTK Bethel Jakarta.

C. Guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta.

D. Guru yang mengajar di SMA Kanaan Jakarta.

E. Mantan wartawan yang beralih profesi sebagai guru.


Jawabannya A


Mengapa jawabannya A, sobat simak penjelasannya berikut.

Teks biografi tersebut menceritakan seseorang yang bernama Martin Karakabu. 
  1. Dulunya si Martin Karakabu ini adalah seorang wartawan di Papua, 
  2. Tahun 2013 pindah ke Jakarta dan mengajar di SMA Kanaan. 
  3. Selanutnya tahun 2018 yang bersangkutan mengundurkan diri dari SMA Kanaan Jakarta dan memutuskan bekerja sebagai full time blogger.

Sobat muda dari runtutan itu maka jawabann yang paling tepat adalah A karena sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.
  1. Kalimat sebelumnya menceritakan bahwa si Martin pernah menjadi wartawan berarti menulis sudah biasa. (kita asumsikan seperti itu).
  2. Kalimat sebelumnya pun menceritakan bahwa yang bersangkutan pernah menjadi guru selama 5 tahun, itu artinya soal pendidikan cukup dipahaminya.
  3. Masih dalam kalimat sebelumnya, dikatakan Martin Karakabu memutuskan menjadi full time blogger.

Selanjutnya kalimat terakhir bunyinya seperti ini Beliau persembahkan buku tersebut untuk dunia pendidikan di di era digital.
Jadi antara kalimat-kalimat sebelumnya dengan kalimat sesudah bagian yang dirampungkan (......) ada kesesuaian. Bila disatukan menjadi sebuah paragraf yang padu. Jadi sekali lagi jawaban yang cocok adalah A.

Tips dan Trik Sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia materi Biografi


Sobat muda supaya sukses mengerjakan soal jenis ini, berikut 3 tips yang patut dicoba.
  1. Lihat perintah soalnya (karena perintahnya bisa beda-beda). Cara melihat perintah soalnya, sobat bisa baca postingan yang berjudul Trik Sukses Mengerjakan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia.
  2. Baca dari awal sampai pada bagian yang dirampungkan (....), berikan jedah, selanjutnya baca dengan seksama kalimat sesudah bagian yang dirampungkan untuk menemukan gambaran umumnya.
  3. Selanjutnya cek opsi jawaban (A, B, C dan seterusnya), ingat soal jenis ini fokusnya pada singronisasi (Bahasa anak gaul disebut, nyambung apa ga si kalimat ini).

Demikian sobat sekalian pembahasan tentang Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia dengan topik biografi, silahkan bertanya melalui kolom komentar jika ada hal yang belum jelas. 

Jangan lupa bagikan kepada sahabat yang lain, agar sukses juga saat ujian nasional Bahasa Indonesia tahun 2019 seperti sobat yang membaca tulisan ini.

Jangan lupa baca juga: contoh soal dan pembahasan materi teks biografi tokoh. 

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar