Tentang Kaka Guru

Tentang Martin Karakabu admin blog kaka guru, mantan guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta, SMP Negeri 1 Fef, dan SMTK Bethel Jakarta
Martin Karakabu saat memberi pengarahan pada siswa SMA Kanaan Jakarta
kaka guru adalah blog personal Martin Karakabu. Guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta dan SMTK Bethel Jakarta. Isi blog ini secara keseluruhan membahas tentang pendidikan, guru, dan pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA.

Secara spesifik hal-hal yang ditulis adalah sebagai berikut:
1.   Materi Bahasa Indonesia lengkap dengan contoh teks.
2.   Soal Bahasa Indonesia dan pembahasaannya. Termasuk tips dan trik mengerjakan soal UN dan USBN.
3.   Tips dan trik mengajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan dan membangkitkan minat belajar siswa.
4.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia kurikulum KTSP dan K 13 jenjang SMA.
5.   Pengalaman Martin Karakabu selama mengajar di Fef Papua Barat, SMA Kanaan Jakarta, dan SMTK Bethel Jakarta.
6.   Profil siswa-siswi SMA Kanaan Jakarta, SMTK Bethel Jakarta.

Apa yang yang ditulis dalam blog ini semuanya berdasarkan pengalaman;
1.   Membuat soal UN dan USBN bersama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Jakarta Pusat 2 (JP 2).
2.   Mengajar Bahasa Indonesia selama 3 Tahun di pedalaman Fef Papua Barat, dan 5 tahun mengajar Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta dan SMTK Bethel Jakarta.

Pengalaman-pengalaman empiris yang diperoleh, selanjutnya dikemas kembali  dengan mengacu pada literatur yang terkait. Konsep ini hadir di blog kaka guru karena keprihatinan penulis terhadap dua hal.

Pertama siswa tidak paham konsep teoritis yang diperoleh dari internet dan berbagai sumber yang lain pada ranah praktis.

Kedua siswa-siswi hanya bisa mengutip teori-teori yang ditulis tanpa mengetahui peruntukannya dimana dan cara melakukannya seperti apa.
Berdasarkan dua permasalahan di atas maka www.kakaguru.com hadir menawarkan konsep sebagai berikut:
1.   Untuk apa saya belajar materi ini?
2.   Pentingnya mempelajari materi ini dalam kehidupan nyata apa?
3.   Bagaimana saya menggunakan teori dan konsep ilmiah ini pada ranah praktis.

Hal-hal sebagaimana diuraikan pada poin satu sampai tigalah yang akan disajikan dalam www.kakaguru.com secara lengkap dan mendalam.
Kemasan yang dihadirkan dalam tulisanpun dibuat sesantai mungkin, yaitu dengan sapaan ‘kaka guru”. Kata kaka memberi pesan semangat muda dan abaikan sejenak formalitas yang ‘kaku’.

Fokusnya bagaimana teori-teori tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan guru merujuk pada legalitas formal. Sekaligus memberi penekanan bahwa yang menulis ini seorang guru. Namun sekali lagi ditegaskan bahwa penulis akan mengabaikan legalitas dan formalitas.
 Semangat yang diusung adalah tahu dan menerapkan, bukan untuk menghafal kemudian memperoleh nilai bagus.

Selanjutnya penulis menyapa, siapa pun pembacanya (tua, muda, anak kecil, orang dewas); bahkan kakek dan nenek sekali pun dengan sebutan ‘sobat muda’.

Pilihan kata ini maknanya masih sama sebagaimana dikatakan pada konsep ‘kaka’ pada paragraf sebelumnya. Yakni semangat muda dan abaikan sejenak formalitas yang ‘kaku’.


 Tagline yang dipakai adalah belajar untuk tahu bukan untuk menghafal

Tentang Admin

Tentang Martin Karakabu admin blog kaka guru, mantan guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta, SMP Negeri 1 Fef, dan SMTK Bethel Jakarta
Martin Karakabu bersama anak-anak Fef Papua Barat
Tentang Martin Karakabu admin blog kaka guru, mantan guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta, SMP Negeri 1 Fef, dan SMTK Bethel Jakarta
Siswa-siswi SMA Kanaan Jakarta Juara 1 lomba debat KKG 
Admin blog kaka guru adalah Martin Karakabu. Bukan guru hebat hanya guru kampung biasa. Lulus dari Universitas Cenderawasih, Jayapura Papua.

Pernah bertugas sebagai guru Bahasa Indonesia di pedalaman Fef Papua Barat selama 3 tahun.
Tentang Martin Karakabu admin blog kaka guru, mantan guru Bahasa Indonesia di SMA Kanaan Jakarta, SMP Negeri 1 Fef, dan SMTK Bethel Jakarta
Martin Karakabu bersama siswa-siswi SMA Kanaan Jakarta
Mantan guru Bahasa Indonesia di SMA Kristen Kanaan Jakarta dan SMTK Bethel Jakarta selama 5 tahun. Sekarang sedang menikmati hidup sebagai seorang guru kampung di ibu kota Jakarta.

Saat ini berdomisili di Tanjung Priok Jakarta utara. Selengkapnya tentang Martin Karakabu bisa lihat di sini jika sobat ingin melihat.

Informasi lebih lanjut terkait materi yang ditulis, sanggahan, kritik, saran, maupun kerja sama bisa hubungi lewat whatsaap 0812 - 8246 - 1053. 

SOSIAL MEDIA


Baca juga: